Diposting Oleh : WAHID P

WORDPRESS

 


 


WordPress memiliki sistem web template menggunakan prosesor Template.
Tema

Pengguna WordPress dapat menginstal dan beralih di antara tema. Tema memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari sebuah website WordPress dan mereka dapat diinstal tanpa mengubah isi atau kesehatan situs. Setiap situs WordPress membutuhkan setidaknya satu tema untuk hadir dan setiap tema harus dirancang dengan menggunakan standar WordPress dengan PHP terstruktur, HTML yang valid dan Cascading Style Sheets (CSS). Tema dapat langsung dipasang menggunakan WordPress "Penampilan" alat administrasi di dashboard atau tema folder dapat di-upload melalui FTP. [11] PHP, HTML (HyperText Markup Language) dan kode CSS yang ditemukan di tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih. Tema WordPress yang secara umum diklasifikasikan menjadi dua kategori, tema bebas dan tema premium. Semua tema gratis tercantum di direktori theme WordPress dan tema premium harus dibeli dari pasar dan pengembang WordPress individu. Pengguna WordPress juga dapat menciptakan dan mengembangkan tema kustom mereka sendiri jika mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukannya. Jika pengguna WordPress tidak memiliki tema pengetahuan pembangunan maka mereka dapat men-download dan menggunakan tema gratis WordPress dari wordpress.org.
Plugin

Wordpress arsitektur plugin memungkinkan pengguna untuk memperluas fitur dan fungsi dari sebuah website atau blog. WordPress memiliki lebih dari 40.501 plugin yang tersedia, [12] yang masing-masing menawarkan fungsi kustom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan khusus mereka. Kustomisasi ini berkisar dari optimasi mesin pencari, portal klien digunakan untuk menampilkan informasi pribadi untuk login pengguna, fitur konten menampilkan, seperti penambahan widget dan bar navigasi. Tapi tidak semua plugin yang tersedia selalu sejajar dengan upgrade dan sebagai akibatnya mereka mungkin tidak berfungsi dengan baik atau tidak berfungsi sama sekali. [13] WordPress mendorong pengembang untuk menyerahkan sebuah plugin, baik gratis maupun berbayar, untuk subjek penyimpanan untuk manual ulasan. [14]
Mobiles

Aplikasi asli ada untuk WebOS, [15] Android, [16] iOS (iPhone, iPod Touch, iPad), [17] [18] Windows Phone, dan BlackBerry [19] aplikasi ini, dirancang oleh Automattic, memungkinkan seperangkat terbatas. pilihan, yang termasuk menambahkan posting blog baru dan halaman, komentar, moderat komentar, membalas komentar di samping kemampuan untuk melihat statistik. [17] [18]
Fitur lainnya

WordPress juga dilengkapi link manajemen terpadu; a, struktur permalink bersih ramah mesin pencari; kemampuan untuk menetapkan beberapa kategori untuk artikel; dan dukungan untuk tag posting dan artikel. Filter otomatis juga termasuk, menyediakan format standar dan styling dari teks dalam artikel (misalnya, mengubah kutipan teratur untuk kutipan pintar). WordPress juga mendukung standar Trackback dan Pingback untuk menampilkan link ke situs lain yang telah diri terkait dengan posting atau artikel. Posting blog WordPress dapat diedit dalam HTML, menggunakan editor visual, atau menggunakan salah satu dari sejumlah plugin yang memungkinkan untuk berbagai fitur editing disesuaikan.
Multi-user dan multi-blogging

Sebelum versi 3, WordPress didukung satu blog per instalasi, meskipun beberapa salinan bersamaan dapat dijalankan dari direktori yang berbeda jika dikonfigurasi untuk menggunakan tabel database yang terpisah. WordPress Multisites (sebelumnya disebut sebagai WordPress Multi-User, WordPress MU, atau WPMU) adalah sebuah garpu dari WordPress diciptakan untuk memungkinkan beberapa blog ada dalam satu instalasi tetapi mampu diberikan oleh pengelola terpusat. WordPress MU memungkinkan bagi mereka dengan situs untuk menjadi tuan rumah komunitas mereka sendiri blogging, serta kontrol dan moderat semua blog dari dashboard tunggal. WordPress MS menambahkan delapan tabel data baru untuk setiap blog.

Pada rilis Wordpress 3, WordPress MU telah bergabung dengan WordPress. [20]
Sejarah

b2 / cafelog, lebih dikenal sebagai b2 atau cafelog, adalah pendahulu untuk WordPress. [21] b2 / cafelog diperkirakan telah diinstal pada sekitar 2.000 blog pada Mei 2003. [22] Ini ditulis dalam PHP untuk digunakan dengan MySQL oleh Michel Valdrighi, yang kini pengembang kontribusi untuk WordPress. Meskipun WordPress adalah penerus resmi, proyek lain, b2evolution, juga aktif dalam pembangunan.

WordPress pertama kali muncul pada tahun 2003 sebagai upaya bersama antara Matt Mullenweg dan Mike kecil untuk membuat sebuah garpu dari b2. [23] Christine Selleck Trémoulet, teman Mullenweg, mengusulkan nama WordPress. [24] [25]

Pada tahun 2004 istilah lisensi untuk tipe paket Movable bersaing diubah oleh Six Apart, sehingga banyak pengguna yang paling berpengaruh migrasi ke WordPress. [26] [27] Pada bulan Oktober 2009 Open Source CMS marketshare Laporan menyimpulkan bahwa WordPress menikmati terbesar kekuatan merek dari setiap sistem open-source konten-manajemen. [28]
Sejarah rilis

Rilis utama WordPress yang CODEC setelah musisi jazz terkenal, mulai setelah versi 1.0. [29]
Legenda: Versi Lama versi yang lebih tua, masih didukung versi sekarang versi preview terbaru rilis Masa Depan
Kode versi nama Tanggal rilis Catatan
0,7 none 27 Mei 2003 [30] Digunakan struktur file yang sama seperti pendahulunya, b2 / cafelog, dan terus penomoran dari rilis terakhirnya, 0,6. [31] Hanya 0.71-emas tersedia untuk di-download di resmi halaman WordPress Arsip Rilis .
1,0 Davis 3 Januari 2004 [32] Ditambahkan mesin pencari permalinks ramah, beberapa kategori, instalasi mati sederhana dan upgrade, moderasi komentar, dukungan XFN, dukungan Atom.
1.2 Mingus 22 Mei 2004 [33] Ditambahkan dukungan Plugins; yang header identifikasi yang sama digunakan tidak berubah di WordPress rilis pada 2011.
1,5 Strayhorn 17 Februari 2005 [34] Ditambahkan berbagai fitur penting, seperti kemampuan untuk mengelola halaman statis dan sistem template / tema. Hal itu juga dilengkapi dengan template default baru (kode bernama Kubrick). [35] dirancang oleh Michael Heilemann.
2.0 Duke 31 Desember 2005 [36] Ditambahkan editing kaya, alat administrasi yang lebih baik, gambar upload, cepat posting, meningkatkan sistem impor, sepenuhnya dirombak bagian belakang, dan berbagai perbaikan Plugin pengembang.
2.1 Ella 22 Januari 2007 [37] masalah keamanan Diperbaiki, antarmuka didesain ulang, alat editing ditingkatkan (termasuk cek terintegrasi mantra dan auto save), dan meningkatkan pilihan manajemen konten.
2.2 Getz 16 Mei 2007 [38] Ditambahkan dukungan untuk widget template, dukungan pakan Atom diperbarui, dan kecepatan optimasi.
2.3 Dexter 24 September 2007 [39] Ditambahkan tagging dukungan asli, sistem taksonomi baru untuk kategori, dan mudah pemberitahuan update, sepenuhnya mendukung Atom 1.0, dengan protokol penerbitan, dan beberapa perbaikan keamanan yang sangat dibutuhkan.
2,5 Brecker 29 Maret 2008 [40] merubah utama untuk dashboard, widget dashboard, meng-upload multi-file, pencarian diperpanjang, ditingkatkan Editor, perbaikan sistem plugin dan banyak lagi.
2,6 Tyner 15 Juli 2008 [41] Ditambahkan fitur baru yang membuat WordPress CMS yang lebih kuat: sekarang dapat melacak perubahan untuk setiap posting dan halaman dan memungkinkan mudah postingan dari mana saja di web.
2,7 Coltrane 11 Desember antarmuka 2008 [42] Administrasi didesain ulang sepenuhnya, menambahkan upgrade otomatis dan menginstal plugin, dari dalam antarmuka administrasi.
2,8 Baker 10 Juni 2009 [43] Ditambahkan perbaikan dalam kecepatan, menginstal otomatis tema dari dalam antarmuka administrasi, memperkenalkan editor CodePress untuk sintaks dan widget antarmuka didesain ulang.
2,9 Carmen Desember 19, 2009 [44] Ditambahkan undo global, built-in editor foto, plugin bets memperbarui, dan banyak kurang terlihat tweak.
3.0 Thelonious 17 Juni 2010 [45] Ditambahkan API tema baru, menggabungkan WordPress dan WordPress MU, menciptakan baru fungsionalitas multi-situs, baru tema default "Twenty Ten" dan segar, ringan admin UI.
3.1 Reinhardt 23 Februari 2011 [46] Ditambahkan Bar Admin, yang ditampilkan pada semua halaman blog ketika admin login, dan Pasca Format, terbaik dijelaskan sebagai Tumblr seperti fitur micro-blogging. Ini menyediakan akses mudah ke banyak fungsi penting, seperti komentar dan update. Termasuk kemampuan internal yang menghubungkan, antarmuka menulis baru efisien, dan banyak perubahan lainnya.
3.2 Gershwin 4 Juli 2011 [47] Difokuskan pada pembuatan WordPress lebih cepat dan lebih ringan. Dirilis hanya empat bulan setelah versi 3.1, yang mencerminkan kecepatan pertumbuhan pembangunan di komunitas WordPress.
3.3 Sonny 12 Desember 2011 [48] Difokuskan pada pembuatan WordPress ramah untuk pemula dan pengguna komputer tablet.
3,4 Hijau 13 Juni 2012 [49] Fokus pada perbaikan kustomisasi tema, integrasi Twitter dan beberapa perubahan kecil.
3,5 Elvin 11 Desember 2012 [50] Dukungan untuk Retina Display, color picker, tema default baru "Twenty Twelve", meningkatkan alur kerja gambar.
3,6 Oscar 1 Agustus 2013 [51] tema default baru "Twenty Thirteen", tambahan admin, format posting pembaruan UI, perbaikan UI menu, sistem revisi baru, autosave dan penguncian pos.
3,7 Basie 24 Oktober 2013 [52] Secara otomatis menerapkan pemeliharaan dan update keamanan di latar belakang, rekomendasi sandi kuat, dukungan untuk secara otomatis menginstal file bahasa yang tepat dan menjaga mereka up to date.
3,8 Parker 12 Desember 2013 [53] Peningkatan admin interface, desain responsif untuk perangkat mobile, tipografi baru menggunakan Open Sans, skema warna admin, didesain ulang antarmuka manajemen tema, dashboard utama disederhanakan, Dua puluh Empat belas majalah gaya standar tema, rilis kedua menggunakan "Plugin- Proses pembangunan pertama ".
3,9 Smith 16 April 2014 [54] Perbaikan editor media, widget hidup dan preview header, peramban tema baru.
4.0 Benny 4 September 2014 [55] Peningkatan manajemen media, embeds, menulis antarmuka, dan penemuan Plugin.
4.1 Dinah 18 Desember 2014 [56] Dua puluh Lima belas sebagai tema default baru, menulis bebas gangguan, ganti bahasa mudah, Vine komprehensif dan rekomendasi Plugin.
4.2 Powell 23 April 2015 [57] New "Tekan ini" fitur, peningkatan karakter dukungan, dukungan emoji, ditingkatkan Customizer, embeds baru dan sistem plugin diperbarui.
4.3 Billie 18 Agustus 2015 [58] Fokus pada pengalaman mobile, password yang lebih baik dan ditingkatkan Customizer.
4.4 TBA 8 Desember 2015 [59]
Masa depan

Matt Mullenweg telah menyatakan bahwa masa depan WordPress adalah sosial, mobile, dan sebagai platform aplikasi. [60] [61]
Kerentanan

Banyak masalah keamanan [62] [63] telah ditemukan dalam perangkat lunak, khususnya pada tahun 2007 dan 2008. Menurut Secunia, WordPress pada bulan April 2009 memiliki 7 nasihat keamanan unpatched (dari 32 total), dengan rating maksimal "Kurang Kritis . "[64] Secunia mempertahankan daftar up-to-date dari kerentanan WordPress. [65] [66]

Pada bulan Januari 2007, banyak profil tinggi optimasi mesin pencari (SEO) blog, serta banyak low-profile blog komersial yang menampilkan AdSense, menjadi sasaran dan menyerang dengan WordPress mengeksploitasi. [67] Sebuah kerentanan terpisah di salah satu server web situs proyek memungkinkan penyerang untuk memperkenalkan kode dieksploitasi dalam bentuk pintu belakang untuk beberapa download WordPress 2.1.1. Rilis 2.1.2 membahas masalah ini; penasehat dirilis pada saat itu menyarankan semua pengguna untuk meng-upgrade segera. [68]

Pada bulan Mei 2007, sebuah studi mengungkapkan bahwa 98% dari blog WordPress yang dijalankan adalah dieksploitasi karena mereka menjalankan versi usang dan tidak didukung perangkat lunak. [69] di bagian untuk mengurangi masalah ini, WordPress membuat memperbarui perangkat lunak yang lebih mudah, "salah satu klik "proses otomatis dalam versi 2.7 (dirilis pada bulan Desember 2008). [70] Namun, pengaturan keamanan filesystem yang diperlukan untuk memungkinkan proses update dapat menjadi resiko tambahan. [71]

Dalam sebuah wawancara Juni 2007, Stefan Esser, pendiri Response Team PHP Keamanan, berbicara kritis dari track keamanan record WordPress, mengutip masalah dengan arsitektur aplikasi yang membuatnya tidak perlu sulit untuk menulis kode yang aman dari kerentanan SQL injection, serta karena beberapa masalah lain. [72]

Juni 2013, ditemukan bahwa beberapa 50 plugin WordPress yang paling download yang rentan terhadap serangan Web umum seperti SQL injection dan XSS. Sebuah pemeriksaan terpisah dari top-10 plugin e-commerce menunjukkan bahwa 7 dari mereka rentan. [73]

Dalam upaya untuk mempromosikan keamanan yang lebih baik, dan untuk merampingkan pengalaman pembaruan keseluruhan, update latar belakang otomatis diperkenalkan di WordPress 3.7. [74]

Instalasi individu WordPress dapat dilindungi dengan plugin keamanan yang mencegah pengguna pencacahan, menyembunyikan sumber daya dan menggagalkan probe. Pengguna juga dapat melindungi instalasi WordPress mereka dengan mengambil langkah-langkah seperti menjaga semua instalasi WordPress, tema, dan plugin diperbarui, menggunakan tema hanya dipercaya dan plugin, [75] mengedit file .htaccess situs untuk mencegah berbagai jenis serangan injeksi SQL dan blok yang tidak sah akses ke file sensitif. Hal ini terutama penting untuk menjaga plugin WordPress diperbarui karena akan hacker dapat dengan mudah daftar semua plugin situs menggunakan, dan kemudian menjalankan scan mencari kerentanan terhadap mereka plugin. Jika kerentanan ditemukan, mereka dapat dimanfaatkan untuk memungkinkan hacker untuk meng-upload file mereka sendiri (seperti scrpt PHP Shell) yang mengumpulkan informasi sensitif. [76] [77] [78]

Pengembang juga dapat menggunakan alat untuk menganalisis potensi kerentanan, termasuk wpscan, Wordpress Auditor dan Wordpress Sploit Kerangka dikembangkan oleh 0pc0deFR. Jenis alat-alat penelitian diketahui kerentanan, seperti CSRF, LFI, RFI, XSS, SQL injection dan user pencacahan. Namun, tidak semua kerentanan dapat dideteksi oleh alat, sehingga disarankan untuk memeriksa kode plugin, tema dan add-in dari pengembang lain.
Pengembangan dan dukungan
Pengembang kunci

Matt Mullenweg dan Mike kecil yang pendiri proyek. Para pengembang inti utama termasuk Helen Hou-Sandi, Dion Hulse, Mark Jaquith, Matt Mullenweg, Andrew Ozz, dan Andrew Nacin. [79] [80]

WordPress juga dikembangkan oleh masyarakat, termasuk penguji WP, sekelompok relawan yang menguji setiap rilis. [81] Mereka memiliki akses awal untuk malam membangun, versi beta dan rilis kandidat. Kesalahan didokumentasikan dalam sebuah mailing list khusus, atau alat Trac proyek.

Meskipun sebagian besar dikembangkan oleh masyarakat sekitar itu, WordPress sangat erat kaitannya dengan Automattic, perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg. Pada tanggal 9 September 2010, Automattic menyerahkan merek dagang WordPress untuk WordPress Yayasan yang baru dibuat, yang merupakan organisasi payung yang mendukung WordPress.org (termasuk perangkat lunak dan arsip untuk plugin dan tema), bbPress dan BuddyPress



Tanggal Posting : 2015-11-14
AMKI Ketapang