Diposting Oleh : HENDRI SUSILO

toturial buat meja makan dari hendri dan ridha

 


 


Tutorial Cara Membuat Kain 3D Dengan SketchUp Bahasa Indonesia

1. Buat bidang seperti gambar nomor 1, bisa menggunakan tool "Circle" dengan memperkecil nilai segment pada window "Entity Info". Lalu gunakan push/pull untuk membuat bidang tadi menjadi objek 3D

 

Cara Membuat Model Kain 3D Dengan SketchUp
sketchupblog 1. 


2. Gunakan tool "Offset" (pada toolbar modification) untuk mendapatkan garis bantu pada tepi objek seperti gambar dibawah.
 

Cara Membuat Model Kain 3D Dengan SketchUp
sketchupblog 2


3. Tambahkan garis memotong pada tepi garis yang telah kita buat pada tahap ke-2. Dan buat segitiga mengerucut dari bawah ke atas pada setiap sisi tepi objek seperti gambar 4.
 

sketchupblog 3


4. Pastikan semua bidang pada sisi objek telah ditambahkan segitiga mengerucut dari bawah ke atas. Seperti yang ditunjukkan pada gambar 6.
 

Cara Membuat Model Kain 3D Dengan SketchUp
sketchupblog 4


5. Setelah itu, hapus garis dan bidang bagian bawah seperti gambar 7. Lalu tambahkan garis yang memotong tepat ditengah objek ke setiap sudut yang ada. Dan pastikan semua model terhubung dengan cara klik 3 kali pada model tersebut.
 

Cara Membuat Model Kain 3D Dengan SketchUp
sketchupblog 5


6. Pada tahap selanjutnya kita akan menggunakan artisan sebagai plugin bantuan.
 

  • Gambar 9. Seleksi semua objek kita dengan cara klik 3 kali, lalu pilih dan klik "smooth selection" pada toolbar artisan.
  • Gambar 10. Ulangi lagi tahap ke-9 sekali lagi agar mendapatkan lebh banyak poly, poly disini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil yang lebih smooth dalam model kain kita.

 

Cara Membuat Model Kain 3D Dengan SketchUp
sketchupblog 6


7. Pada tahap ini kita masih menggunakan artisan sebagai bantuan.
 

  • Gambar - 11. Klik 3 kali pada objek, lalu pilih subdivide and smooth dan masukkan nilainya (sebagai contoh kita akan menggunakan nilai 2). Semakin tinggi nilai yang dimasukkan maka hasil akan semakin halus. Akan tetapi hal ini akan berpengaruh pada ukuran file model kita. Semakin halus maka semakin besar ukuran filenya.
  • Gambar - 12. Gunakan window "soften edge" untuk memperhalus tampilannya. Dan kita bisa melihat hasil dari Tutorial Cara Membuat Kain 3D Dengan SketchUp Bahasa Indonesia.


 

Tutorial Cara Membuat Model 3D Kain Dengan SketchUp Bahasa Indonesia
sketchupblog 7


Selamat mencoba, dan saya harap Tutorial Cara Membuat Kain 3D Dengan SketchUp Bahasa Indonesia ini bisa menambah kemampuan kita untuk melakukan modeling 3D menggunakan Sketch Up. Jika ada yang membutuhkan bantuan ataupun tutorial-tutorial yang lain, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. SketchupBlog akan mencoba membantu. Dan jika ada kekurangan penulisan pada artikel ini silahkan beri masukan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Salam Sukses!!!



Tanggal Posting : 2016-06-16
AMKI Ketapang