Diposting Oleh : RIZKY BRILIAN

pengertian dan perbedaan wordpress

 


 


Pengertian wordpress dan perbedaannya

artikel -> pengertian wordpress dan perbedaannya

WordPress merupakan salah satu cms populer, saat ini penggunaannya bukan lagi sebatas blog atau website pribadi. Berbagai macam situs mulai dari e-learning, e-commerce, bahkan situs sebuah perusahaanpun sekarang dibuat dengan cms ini. Kehandalan wordpress tidak lepas dari para pengembang yang mengembangkan aplikasi dengan 2 cara, yang pertama pengembangan dilakukan pada lingkungan wordpress.com dan yang kedua pada lingkungan wordpress.org.

 

  1. wordpress.com
    Merupakan situs hosting yang memberikan fasilitas kepada para penggunannya untuk menggunakan produk mereka berupa aplikasi wordpress secara gratis, ataupun berbayar jika menginginkan domain tanpa ada tambahan domain.wordpress.com. Aplikasi wordpress yang digunakan di wordpress.com merupakan hasil dari para pengembang wordpress yang dikhususkan untuk pengembangan wordpress.com.
  2. wordpress.org
    Merupakan versi open source dari Aplikasi wordpress, atau wordpress offline. Para pengguna wordpress ini bisa dengan bebas merubah dan menambah aplikasi yang sudah ada. Untuk kepentingan pengembangan maka aplikasi open source sangat dibutuhkan, dengan begitu maka aplikasi yang ada akan semakin baik.

Masing masing memiliki keunggulan dan kelemahan

  1. Kelebihan wordpress.com
    • Para penggunanya dapat menggunakan aplikasi wordpress dengan gratis
    • Mudah dalam pemakaiannya, karena user tidak harus mengerti tentang database dan coding didalamnya.
    • Lebih stabil, karena ada dukungan pengembang didalamnya yang siap membantu.
  2. Kekurangan wordpress.com
    • Hanya bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
    • Jika menggunakan fasilitas gratisnya akan menjadi subdomain dari induknya yaitu domain_anda.wordpress.com dan tidak bisa digunakan dihosting lain.
    • Kurang fleksibel, karena pengembang tidak hanya mengurusi situs atau blog anda.
  3. Kelebihan wordpress.org
    • Fleksibel karena pengguna dapat memodifikasi atau menambahkan fasilitas yang tidak disediakan. Berbagai tambahan aplikasi seperti themes, widget dan plugin tersedia banyak, baik yang berbayar ataupun yang gratis.
    • Bebas menggunakan domain dan tempat hosting dimana saja.
    • Bisa dijalankan di server lokal, sehingga pengguna bisa lebih leluasa dalam membuat sebuah situs dan setelah jadi baru dijalankan di server hosting.
  4. Kekurangan wordpress.org
  5.  
    • Tidak semua pengguna bisa menggunakannya, karena dibutuhkan kemampuan dalam database dan bahasa pemrograman lainnya.
    • Walaupun gratis tapi fasilitas yang diberikan tidak digaransi, sehingga segala sesuatu yang terjadi dengan situs tersebut menjadi tanggung jawab penggunanya.
    • Tidak stabil, karena setiap update yang dilakukan oleh pengembang aplikasi wordpress terkadang tidak kompatibel atau cocok dengan modifikasi yang dilakukan oleh penggunanya.

Kira-kira aplikasi wordpress seperti apa yang anda butuhkan..??

Jika anda sebagai pengguna biasa yang kurang mengerti dengan database dan bahasa pemrograman, tapi anda mempunyai keinginan untuk membuat sebuah situs atau blog, sebaiknya anda menggunakan wordpress.com. Bukan hanya karena gratis semata, tapi aplikasi anda akan lebih stabil karena ada tim pengembang yang mengurusi aplikasi yang anda gunakan. Walaupun domain yang digunakan untuk fasilitas yang gratis ini menggunakan domain tambahan .wordpress.com, tapi anda bisa mengupgradenya menjadi domain tanpa tambahan .wordpress.com dengan fasilitas berbayarnya.

Jika anda sebagai pengguna yang mengerti dengan database dan bahasa pemrograman, sebaiknya anda menggunakan aplikasi dari wordpress.org. Memang sedikit ribet karena kita harus mengurusi aplikasi itu tanpa bantuan pengembang, tapi dilain sisi kita mendapatkan keuntungan karena kita bebas memodifikasi fasilitas yang tidak disediakan oleh pengembang. Selain itu kita dapat belajar bagaimana membuat sebuah aplikasi yang handal.

Lebih baik menggunakan fasilitas aplikasi wordpress.com terlebih dulu sambil belajar menggunakan aplikasi wordpress.org, dengan begitu anda akan banyak belajar bagaimana membuat sebuah aplikasi yang baik

 

 



Tanggal Posting : 2015-11-13
AMKI Ketapang