Diposting Oleh : ROMI YANTI

tugas multimedia lanjutan tutorial buat meja minimalis

 


 


Nama : Romi Yanti, Eka Julaili

Selamat pagi para sketchup lovers.. Pada artikel kali ini, kami akan mengajak anda untuk belajar membuat furniture sederhana. Kali ini kita akan belajar membuat meja belajar minimalis. Nantinya bentuk meja yang kita gambar seperti dibawah ini.

 


 

Cukup sederhana bukan? Untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung mulai membuat meja belajar kita sendiri..

 

Pertama-tama mari kita buka aplikasi sketchup. Pada project kali ini, karena kita akan membuat desain furniture. Maka kita menggunakan template design architecture dengan skala millimeter. Kita buka project baru, kemudian klik rectangle dan buat obyek persegi panjang dengan ukuran 1300x600. Setelah itu klik icon push/pull dan tekan CTRL pada keyboard, tarik ke atas bidang tersebut hingga setebal 700 mm. Seperti gambar di bawah ini.. 

 

 

Selanjutnya klik icon Offset, kemudian klik pada garis P1 dan drag ke dalam sambil tekan TAB satu kali, lalu ketik 20 dan enter. Setelah itu klik icon push/pull lagi, kemudian pilih bagian tengah bidang yang telah di Offset tadi dan drag ke dalam sambil tekan TAB satu kali, lalu ketik 600. Hasilny akan seperti gambar dibawah ini.

 

 

Perhatikan gambar di bawah ini. Klik icon push/pull dan  pilih bidang P1 kemudian kemudian tekan bidang itu ke bawah. 

 

 

Selanjutnya hapus garis tepi yang ditunjukkan oleh P1 dan P2. Sehingga mulai terbentuk meja kotak yang sederhana. Seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu perhatikan gambar di bawah ini, pilih icon Line kemudian buat garis pemisah antara kaki meja dan bidang meja. Anda klik posisi P1 dan geser ke posisi P2 lalu ke posisi P3 sampai melingkari bidang meja dan kembali ke posisi P1 lagi.

 

 

 

 

Langkah selanjutnya, perhatikan gambar di bawah ini. Aktifkan icon push/pull pada toolbars kemudian anda klik pada posisi P1. Tekan tombol TAB satu kali, kemudian ketik 40 lalu tekan Enter. Lakukan kegiatan tersebut disetiap sisi bidang meja.

 

 

Sampai disini, gambar yang telah kita buat sudah menyerupai meja. Sekarang kita buat laci mejanya. Perhatikan gambar di bawah ini, Klik garis P1 lalu anda klik tombol Move/Copy dan tekan tombol CTRL untuk mengaktifkan mode pengkopian. Kemudian geser ke arah P2 dan tekan tombol TAB satu kali lalu ketik 350. Klik icon Line lalu buat garis penghubung antara garis P1 dan garis P2.

 

 

Selanjutnya klik tombol Push/Pull dan pilih bidang P1 lalu drag ke bawah. Tekan tombol TAB lalu ketik 400 lalu tekan Enter. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

 

 

Langkah selanjutnya, klik tombol Move/Copy dan klik garis P1. Klik CTRL pada keyboard untuk mengaktifkan mode pengkopian. Kemudian drag ke arah P2 sambil tekan TAB lalu ketik 300 dan Enter. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

 

 

Sekarang anda klik icon Offset pada toolbars. Kemudian klik laci bagian bawah lalu drag ke tengah. Tekan tombol TAB satu kali lalu ketik 10 dan Enter. Setelah itu lakukan double klik pada laci bagian atas. Selanjutnya agar laci bagian bawah terlihat lebih nyata, aktifkan lagi icon Offset dan pilih bidang pada laci bagian bawah yang berada di dalam, lalu drag ke tengah lagi sebesar 3mm. Anda coba Zoom area laci bagian bawah. Aktifkan icon Push/Pull lalu pilih ruang antara Offset tadi atau ruang sebesar 3mm tadi. Tekan ke dalam ruang tersebut. Tekan TAB lalu ketik 5 dan tekan Enter. Sehingga akan seperti gambar di bawah ini. 

 

 

 

Langkah selanjutnya, kita akan buat laci bagian atas seolah-olah terbuka. Aktifkan icon Push/Pull kemudian pilih bidang laci bagian atas. Tarik bidang tersebut keluar. Tekan tombol TAB lalu ketik 200 lalu Enter. Setelah itu, aktifkan icon Offset lalu pilih bidang P2. Geser bidang tersebut ke tengah. Tekan tombol TAB satu kali lalu ketil 10 dan Enter. Aktifkan lagi icon Push/Pull. Pilih bidang P2 yang dalam lalu push ke bawah. Tekan tombol TAB satu kali lalu ketik 70 dan Enter. Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.. 

 

 

 

Nah langkah terakhir adalah finishing. Langkah terakhir dari pembuatan desain meja minimalis ini adalah membuat ukuran-ukuran bidang meja tersebut. Caranya, aktifkan tombol Dimension dan klik pada ujung-ujung bidang. Setelah selesai memberi ukuran. Kita akhiri dengan memberi warna meja minimalis kita. Aktifkan Icon Paint Bucket. Disana terdapat bermacam-macam warna. Untuk project kali ini, saya menggunakan warna kayu. Sehingga saya memilih wood kemudian pilih model Wood Bambo Medium. Dan hasilnya seperti di bawah ini..

 

 

 

Bagaimana..? Mudah bukan..? Ternyata membuat meja pun kita bisa andaikan kita tahu model dan ukurannya. Meja belajar minimalis kita telah jadi. Saatnya anda mengaplikasikan ide-ide anda untuk membuat meja yang lebih mewah dari ini. Selamat mencoba dan sukses selalu..

Play Your Imagine... Semangat.. !!!



Tanggal Posting : 2016-06-16
AMKI Ketapang